Part 10 Cara Membuat Player Finish Di Construct 2 [Penjelasan Detail]



Assalamuallaikum.wr.wb
   Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat player finish di construct 2, jadi ditutorial kali ini player akan menang dan permainan selesai, selain itu untuk tutorial sebelumnya kalian bisa lihat dibawah ini.


Sebelum itu kita akan mengedit event sebelumnya, dan kita akan membuat jika player mati maka game akan restart ulang dan mereset systemnya.

Buka projek sebelumnya terlebih dahulu, kalian masuklah ke event sheet, seperti gambar dibawah ini:
event sheet


Pada event “player on collision with jebakan” kalian hapus event yaitu event “player platform is on floor” seperti gambar dibawah ini:
sebelum diedit
setelah diedit
Tujuan dihapusnya event diatas agar saat player berada ditanah maupun sedang melompat jika player menyentuk jebakan player akan mati.


Kalian buatlah action baru pada event “player on flash ended”, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan action


Kalian pilihlah system jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih system


Pada bagian general kalian pilihlah “restart layout” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih restart layout
Artinya agar saat player hancur system akan melakukan restart pada projek kalian.


Kalian buatlah action lagi pada event yang sama, kalian pilihlah system jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih system


Pada bagian global & local variable kalian pilihlah “reset global variable” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih reset global variable
Jika kalian tidak mereset global variable maka variable akan tetap seperti sebelumnya, walaupun kalian merestart projek variable tidak akan tereset, jadi kalian harus tambahkan action reset!!


Kalian kembali ke layout dan buat objek baru yaitu sprite dan berinama “pintumenang”, Jika sudah kalian klik insert untuk selesai, klik 1 kali pada lembar kerja untuk menyelesaikan pembuatan objek, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru


Maka akan muncul menu desain objek, seperti gambar dibawah ini:
menu desain objek


Kalian desain objek "pintumenang"-nya sesuai keinginan kalian, jika sudah kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai didesain


Kalian ubah posisi objek “pintumenang” pada pojok permainan, untuk ukurannya objek bias kalian perbesar ataupun perkecil, seperti gambar dibawah ini:
mengatur posisi objek


Kalian klik tab layer, seperti gambar dibawah ini:
tab layer


Kalian klik tanda [+] tambah untuk membuat layer baru, maka akan ada layer baru yaitu layer “1”, seperti gambar dibawah ini:
sebelum bertambah layer
sesudah ditambah layer


Kalian klik pada layer “1” dan ubah paralaxnya menjadi 0,0, seperti gambar dibawah ini:
ubah properties layer 1
Tujuan diberi angka 0,0 adalah agar objek yang ada pada layer “1” tidak akan berpindah ataupun bergerak!!


Masih dilayer “1” kalian buatlah objek baru yaitu text, dan berinama “textmenang”, seperti gambar dibawah ini:
membuat objek baru


Jika sudah kalian klik insert, setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
klik insert


Kalian atur text pada bagian properties sebelah kiri dan atur posisi objek “textmenang”, seperti gambar dibawah ini:
mengatur objek text
Text (yaitu text yang akan tampil)
Initial visibility (yaitu objek yang terlihat atau tidak terlihat, kalian ubah ke invisible agar objek tidak terlihat)
Font (yaitu jenis text)
Horizontal alignment (yaitu text kesamping rata tengah)
Vertical alignment (yaitu text kebawah rata tengah)
Untuk objek “textmenang” harus berada didalam window size seperti batas garis putus-putus yang telah saya tandai diatas, karena jika diluar maka nantinya objek “textmenang” tidak akan terlihat!!


Masih dilayer “1” kalian buatlah objek baru yaitu button dan berinama “buttonmenang”, jika sudah kalian klik insert, setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru


Kalian bias perbesar objek button, pada bagian properties sebelah kiri pada objek button kalian ubah text menjadi “Ulangi” dan pada bagian initial visibility kalian ubah menjadi “invisible”, seperti gambar dibawah ini:
mengatur objek button


Kalian masuklah ke event sheet, seperti gambar dibawah ini:
event sheet


Kalian buatlah event baru seperti gambar dibawah ini:
buat event baru


Kalian pilihlah objek player jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player


Pada bagian collision kalian  pilihlah “is overlapping another object”, jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih is overlapping another object


Pada object kalian pilihlah objek “pintumenang”, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek pintumenang


Kalian buatlah action pada event yang baru saja kalian buat, seperti gambar dibawah ini:
buat action


Kalian pilihlah objek “textmenang” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek textmenang


Pada bagian appearance kalian pilihlah “set visible” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih set visible


Pada bagian visibility kalian pilih visible, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih visible


Kalian klik kanan lalu pilih copy pada event yang baru kalian buat dan pastekan pada event yang sama, seperti gambar dibawah ini:
copy
paste


Kalian ubah objeknya menjadi objek “buttonmenang”, seperti gambar dibawah ini:
ubah event


Kalian buatlah event baru, seperti gambar dibawah ini:
buat event baru


Kalian pilihlah objek “buttonmenang” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek buttonmenang


Pada bagian button kalian pilih “on clicked” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih on clicked


Pada event “player on flash ended” kalian kalian copylah action “restart layout” dan “reset global variable”, dan kalian pastekan pada event “buttonmenang on clicked”, seperti gambar dibawah ini:
copy
paste


Untuk bagian event sudah selesai, kalian kembali ke layout, kalian klik objek player dan tambahkan behavior, seperti gambar dibawah ini:
proses menambahkan behavior


Kalian klik tanda [+] tambah untuk menambahkan behavior, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior


Kalian pilihlah behavior “scroll to” jika sudah kalian klik add untuk menambahkan behavior, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior scroll to
Fungsi behavior ini adalah sebagai camera jadi setiap kalian player bergerak kamera atau layar pada projek yang disorot akan mengikuti player.


Behavior sudah ditambahkan, kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai ditambahkan


Saat projek ditest, seperti gambar dibawah ini:
test - 1
test -2


Objek “pintumenang” menutupi objek “player”, kembali ke layout kalian klik kanan pada objek “pintumenang” kalian pilih z order, setelah itu kalian pilih “send to buttom of layer”, seperti gambar dibawah ini:
mengubah posisi tampilan


Setelah ditest kembali, seperti gambar dibawah ini:
selesai


Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Part 10 Cara Membuat Player Finish Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2