Part 9 Cara Membuat Nyawa Player Di Construct 2 [Penjelasan Detail]


Assalamuallaikum.wr.wb
   Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat nyawa player di construct 2, jadi ditutorial kali ini agar saat player terkena musuh maka player akan mati dan akan ada efeknya, selain itu untuk tutorial sebelumnya kalian bisa lihat dibawah ini.


Kalian buatlah objek baru yaitu sprite dan berilah nama “sampingmusuh”, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru


Jika sudah kalian klik insert  untuk selesai, lalu klik kiri 1 kali pada lembar kerja, seperti gambar dibawah ini:
klik insert


Maka kalian akan melihat ada menu baru yaitu menu desain objek, seperti gambar dibawah ini:
menu desain objek


Kalian bisa desain objek tersebut, kalau saya hanya memberinya warna polos, seperti gambar dibawah ini:
mendesain objek


Kalian ubahlah ukurannya menjadi 32x32 pixel, seperti gambar dibawah ini:
sebelum diubah ukurannya
setelah diubah ukurannya
Kalian ubah ukuran objeknya agar dapat meringankan projek kalian, semakin besar gambar yang kalian buat maka semakin berat projek kita nantinya!!


Jika sudah selesai, kalian klik tanda [x] silang untuk selesai desain objeknya, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain


Kalian ubah ukuran objek “sampingmusuh” menjadi sama lebar seperti objek “musuh”, seperti gambar dibawah ini:
sebelum diubah ukurannya
setelah diubah ukurannya


Kalian buatlah behavior baru pada objek player, klik pada objek player pilih behavior lalu klik tanda [+] tambah untuk menambahkan behavior, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior


Kalian pilih behavior flash jika sudah kalian klik add untuk menambahkan behavior tersebut, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior flash
Behavior ini adalah behavior efek agar jika player terkena musuh maka player akan kedap-kedip.


Kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai ditambahkan


Kalian masuklah ke event sheet, seperti gambar dibawah ini:
masuk ke event sheet


Kalian buatlah action pada event every tick, seperti gambar dibawah ini:
buat action


Kalian pilihlah objek “sampingmusuh” jika sudah kalian klik next seperti gambar dibawah ini:
pilih objek sampingmusuh


Pada bagian size & position kalian pilihlah “set position to another object”, jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih set posiition another objek


Pada objek kalian pilihlah objek musuh dan pada image point kalian kasih angka “0”, angka ini ialah angka pada image point original pada objek musuh, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek musuh image point 0
image point 0


Kalian buatlah action pada event “player on collision with atasmusuh”, seperti gambar dibawah ini:
buat action


Kalian pilihlah objek ‘sampingmusuh” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek samping musuh


Pada bagian misc kalian pilihlah “destroy” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih destroy


Kalian copy pada event “player on collision with atasmusuh” dan “invert  player platform is on floor”,  lalu kalian paste, seperti gambar dibawah ini:
copy
paste


Kalian hapus semua action yang ada pada event yang telah kalian paste tadi, seperti gambar dibawah ini:
seleksi action
delete action


Pada event yang telah kalian paste, pada event “player on collision with atasmusuh” kalian ubah eventnya dengan cara klik kanan lalu kalian pilih edit, seperti gambar dibawah ini:
edit event


Pada object kalian ubah menjadi objek sampingmusuh, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah objek jadi objek sampingmusuh


Dan pada event “invert player is on floor” kalian ubah eventnya dengan cara klik kanan pada event lalu kalian pilih invert, seperti gambar dibawah ini:
batalkan invert
Event ini artinya jika player menyentuh sampingmusuh dan player ditanah tidak dalam posisi melompat maka…


Kalian buatlah action pada event “layer on collision with sampingmusuh”, seperti gambar dibawah ini:
buat action


Kalian pilihlah objek player jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player


Pada bagian flash kalian pilihlah “flash” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih flash


Kalian atur pada bagian “on time”, “off time”, dan “duration”, sesuka kalian kalau saya cukup 1 detik, seperti gambar dibawah ini:
atur flash
On time = aktif kedip
Off time = nonaktif kedip
Duration = lama waktu berkedap-kedip


Kalian buatlah event baru, seperti gambar dibawah ini:
buat event


Kalian pilihlah objek player jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player


Pada bagian flash kalian pilihlah “on flash ended” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih on flash ended
Artinya saat behavior flash berhenti maka….


Kalian buatlah action pada event “player on flash ended” seperti gambar dibawah ini:
buat action


Kalian pilihlah objek player jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player


Pada bagian misc kalian pilihlah “destroy” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih destroy
Artinya saat efek flash sudah berakhir yaitu dalam durasi yang telah kalian tentukkan maka objek player akan hancur.


Kalian copy pada event “player on collision with sampingmusuh” dan pastekan, seperti gambar dibawah ini:
copy
paste


Kalian edit pada event yang baru kalian pastekan yaitu event “player on collision with sampingmusuh”,  dengan cara klik kanan lalu kalian pilih edit, seperti gambar dibawah ini:
edit event


Pada bagian object kalian ubah objeknya menjadi jebakan, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah objek jadi objek jebakan
Cara kerja event ini sama dengan event untuk musuh tadi!!


Kalian kembali ke layout, kalian klik pada objek sampingmusuh, pada bagian properties, bagian initial visibility kalian ubah menjadi invisible, seperti gambar dibawah ini:
ubah initial visibility

Event sudah diatur semua sekarang saatnya untuk test projek kalian!!


Saat ditest akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
test
test

selesai deh pembuatan nyawa playernya, agar player hidup kembali akan saya bahas pada tutorial selanjutnya yaitu "Cara Membuat Player Finish Di Construct 2".

Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Part 9 Cara Membuat Nyawa Player Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2