Part 9 Cara Membuat Nyawa Player Di Construct 2 [Penjelasan Detail]
Assalamuallaikum.wr.wb
Kali ini amir12 akan
memberikan tutorial yaitu cara membuat nyawa player di construct 2, jadi
ditutorial kali ini agar saat player terkena musuh maka player akan mati dan akan
ada efeknya, selain itu untuk tutorial sebelumnya kalian bisa lihat dibawah
ini.
Kalian buatlah objek baru yaitu sprite dan berilah nama “sampingmusuh”,
seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru |
Jika sudah kalian klik insert untuk selesai, lalu klik kiri 1 kali pada
lembar kerja, seperti gambar dibawah ini:
klik insert |
Maka kalian akan melihat ada menu baru yaitu menu desain
objek, seperti gambar dibawah ini:
menu desain objek |
Kalian bisa desain objek tersebut, kalau saya hanya
memberinya warna polos, seperti gambar dibawah ini:
mendesain objek |
Kalian ubahlah ukurannya menjadi 32x32 pixel, seperti gambar
dibawah ini:
sebelum diubah ukurannya |
setelah diubah ukurannya |
Kalian ubah ukuran objeknya agar dapat meringankan projek
kalian, semakin besar gambar yang kalian buat maka semakin berat projek kita
nantinya!!
Jika sudah selesai, kalian klik tanda [x] silang untuk
selesai desain objeknya, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain |
Kalian ubah ukuran objek “sampingmusuh” menjadi sama lebar
seperti objek “musuh”, seperti gambar dibawah ini:
sebelum diubah ukurannya |
setelah diubah ukurannya |
Kalian buatlah behavior baru pada objek player, klik pada
objek player pilih behavior lalu klik tanda [+] tambah untuk menambahkan
behavior, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior |
Kalian pilih behavior flash jika sudah kalian klik add untuk
menambahkan behavior tersebut, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior flash |
Behavior ini adalah behavior efek agar jika player terkena
musuh maka player akan kedap-kedip.
Kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar
dibawah ini:
selesai ditambahkan |
Kalian masuklah ke event sheet, seperti gambar dibawah ini:
masuk ke event sheet |
Kalian buatlah action pada event every tick, seperti gambar
dibawah ini:
buat action |
Kalian pilihlah objek “sampingmusuh” jika sudah kalian klik
next seperti gambar dibawah ini:
pilih objek sampingmusuh |
Pada bagian size & position kalian pilihlah “set
position to another object”, jika sudah kalian klik next, seperti gambar
dibawah ini:
pilih set posiition another objek |
Pada objek kalian pilihlah objek musuh dan pada image point
kalian kasih angka “0”, angka ini ialah angka pada image point original pada
objek musuh, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah
ini:
pilih objek musuh image point 0 |
image point 0 |
Kalian buatlah action pada event “player on collision with
atasmusuh”, seperti gambar dibawah ini:
buat action |
Kalian pilihlah objek ‘sampingmusuh” jika sudah kalian klik
next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek samping musuh |
Pada bagian misc kalian pilihlah “destroy” jika sudah kalian
klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih destroy |
Kalian copy pada event “player on collision with atasmusuh”
dan “invert player platform is on
floor”, lalu kalian paste, seperti
gambar dibawah ini:
copy |
paste |
Kalian hapus semua action yang ada pada event yang telah
kalian paste tadi, seperti gambar dibawah ini:
seleksi action |
delete action |
Pada event yang telah kalian paste, pada event “player on
collision with atasmusuh” kalian ubah eventnya dengan cara klik kanan lalu
kalian pilih edit, seperti gambar dibawah ini:
edit event |
Pada object kalian ubah menjadi objek sampingmusuh, jika
sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah objek jadi objek sampingmusuh |
Dan pada event “invert player is on floor” kalian ubah
eventnya dengan cara klik kanan pada event lalu kalian pilih invert, seperti
gambar dibawah ini:
batalkan invert |
Kalian buatlah action pada event “layer on collision with
sampingmusuh”, seperti gambar dibawah ini:
buat action |
Kalian pilihlah objek player jika sudah kalian klik next
untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player |
Pada bagian flash kalian pilihlah “flash” jika sudah kalian
klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih flash |
Kalian atur pada bagian “on time”, “off time”, dan
“duration”, sesuka kalian kalau saya cukup 1 detik, seperti gambar dibawah ini:
atur flash |
On time = aktif kedip
Off time = nonaktif kedip
Duration = lama waktu berkedap-kedip
Kalian buatlah event baru, seperti gambar dibawah ini:
buat event |
Kalian pilihlah objek player jika sudah kalian klik next
untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player |
Pada bagian flash kalian pilihlah “on flash ended” jika
sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih on flash ended |
Artinya saat behavior flash berhenti maka….
Kalian buatlah action pada event “player on flash ended”
seperti gambar dibawah ini:
buat action |
Kalian pilihlah objek player jika sudah kalian klik next
untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player |
Pada bagian misc kalian pilihlah “destroy” jika sudah kalian
klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih destroy |
Artinya saat efek flash sudah berakhir yaitu dalam durasi
yang telah kalian tentukkan maka objek player akan hancur.
Kalian copy pada event “player on collision with
sampingmusuh” dan pastekan, seperti gambar dibawah ini:
copy |
paste |
Kalian edit pada event yang baru kalian pastekan yaitu event
“player on collision with sampingmusuh”,
dengan cara klik kanan lalu kalian pilih edit, seperti gambar dibawah
ini:
edit event |
Pada bagian object kalian ubah objeknya menjadi jebakan,
jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah objek jadi objek jebakan |
Cara kerja event ini sama dengan event untuk musuh tadi!!
Kalian kembali ke layout, kalian klik pada objek
sampingmusuh, pada bagian properties, bagian initial visibility kalian ubah
menjadi invisible, seperti gambar dibawah ini:
ubah initial visibility |
Event sudah diatur semua sekarang saatnya untuk test projek
kalian!!
Saat ditest akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
test |
test |
selesai deh pembuatan nyawa playernya, agar player hidup kembali akan saya bahas pada tutorial selanjutnya yaitu "Cara Membuat Player Finish Di Construct 2".
Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.
0 Response to "Part 9 Cara Membuat Nyawa Player Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"
Post a Comment
Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam