Part 7 Cara Membuat Animasi Musuh [Berjalan, Dan Mati] Di Construct 2 [Penjelasan Detail]


Assalamuallaikum.wr.wb
   Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat animasi musuh berjalan dan mati di construct 2, jadi ditutorial kali ini agar saat musuh bergerak akan terdapat animasi layaknya musuh berjalan, selain itu tutorial kali ini juga membuat animasi saat musuh mati , untuk tutorial sebelumnya kalian bisa lihat dibawah ini.


- "Cara Membuat Musuh Di Construct 2"

Buka projek yang sebelumnya, kalian klik dua kali pada objek musuh maka akan muncul menu desain objek, seperti gambar dibawah ini:
mulai desain kembali objek



Kalian klik kanan pada animasi default lalu klik duplikat lakukan sebanyak 2 kali, sehingga akan ada 3 animasi disana, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan animasi
setelah ditambahkan animasi


Kalian ubahlah nama setiap animasi menjadi, default, jalan, mati, seperti gambar dibawah ini:
setelah diubah nama animasinya


Kalian klik pada bagian animasi jalan, pada animasi frame kalian duplikat dengan cara klik kanan pada frame 0 lalu pilih duplikat, lakukan beberapa kali untuk membuat animasi jalan nantinya, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan frame
setelah frame ditambahkan


Kalian ubah animasi dari setiap frame sehingga akan terlihat musuh berjalan, seperti gambar dibawah ini:
mengedit pergerakan objek - 1
mengedit pergerakan objek - 2
mengedit pergerakan objek - 3


Pada saat ini musuh sudah ada animasi berjalan tetapi tidak selalu berjalan animasinya, agar animasinya tetapi selalu berjalan saat musuh berjalan, kalian klik pada animasi jalan, pada bagian animasi jalan properties pojok kiri, kalian ubah loopnya menjadi yes akan animasi terus berjalan, seperti gambar dibawah ini:
mengatur properties animasi objek
Bagian speed bisa kalian ubah, itu adalah kecepatan animasi yang akan berjalan.
Jangan lupa pada set collision polygon kalian ubah juga!!


Kalian klik animasi mati, kalian desain kembali objek musuh, seperti gambar dibawah ini:
membuat animasi musuh mati
Kalian atur kembali image pointnya berada ditengah, dan kalian atur kembali set collision polygonnya!!


Kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai edit animasi
Animasi belum berjalan, kita harus mengatur eventnya dahulu!!


Kalian masuklah ke event sheet dan buatlah global variable dengan cara klik kanan pada event sheet, seperti gambar dibawah ini:
memulai membuat global variable


Pada bagian nama kalian ubah menjadi “musuhjalan”, type “number”, dan pada bagian initial value biarkan “0” jika sudah klik ok, seperti gambar dibawah ini:
mengatur global variable


Pada bagian event sheet yaitu every tick kalian ubah eventnya dengan cara klik kanan pada event lalu pilih edit, seperti gambar dibawah ini:
mengubah event sebelumnya


Kalian pilihlah compare variable jika sudah klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih event global variable


Langsung saja kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
menyelesaikan pengeditan event


Pada event global var musuhjalan kalian tambahkan actionnya, seperti gambar dibawah ini:
membuat action baru


Kalian pilih objek yaitu musuh jika sudah klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
memilih objek


Pada bagian animations kalian pilhlah set animation jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih action animasi


Pada bagian animation kalian pilih animasi jalan, jika sudah klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
menyelesaikan pembuatan action
yang artinya jika global variable atau bisa disebut nilai adalah 0 maka musuh akan berjalan kekiri dan menjalankan animasi jalan.


Akan terlihat seperti gambar dibawah ini saat projek dijalankan:
test - 1
test - 2

Selesai deh pembuatan animasi musuhnya, untuk animasi mati nanti akan saya lanjutkan di tutorial selanjutnya yaitu “cara membuat nyawa musuh di construct 2”

Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Part 7 Cara Membuat Animasi Musuh [Berjalan, Dan Mati] Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2