Part 6 Cara Membuat Musuh Di Construct 2 [Penjelasan Detail]


Assalamuallaikum.wr.wb
   Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat musuh di construct 2, musuh yang akan saya buat kali ini adalah musuh yang biasa saja ya, bukan musuh yang pintar melainkan musuh yang akan jalan ke arah kiri atau kanan saja , untuk tutorial sebelumnya kalian bisa lihat dibawah ini.


- "Cara Membuat Jebakan Di Construct 2"

Buka projek yang sebelumnya, kalian buatlah objek baru yaitu sprite, lalu kalian berilah nama objek tersebut musuh, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru


 Jika sudah kalian klik insert untuk selesai, setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja, maka akan muncul menu baru, seperti gambar dibawah ini:
klik insert
menu desain


Desain objek musuh sesuai keinginan kalian, kalian bisa mengimport gambar jebakan tetapi disini saya mendesain jebakan dengan tools yang ada di construct 2, seperti gambar dibawah ini:
desain objek musuh
Jangan lupa kalian atur image point, dan set collision polygonnya!!


Aturlah image point objek kalian berada ditengah, ini tergantung kalian mau posisikan dimana, kalau saya ditengah, seperti gambar dibawah ini:
atur image point


Kalian atur juga pada bagian set collision polygon sesuai kalian, kalau saya menseleksi seluruhg tubuh musuhnya saja, seperti gambar dibawah ini:
atur set collision polygon


Jika sudah selesai kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, maka akan ada objek baru dilembar kerja kalian, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain
mengatur posisi objek musuh
Kalian atur posisinya, kalian taruh objek jebakan berada di atas pijakan!!


Kalian buatlah objek baru lagi yaitu sprite, dan kalian berilah nama hancur,, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru
Objek hancur ini fungsinya untuk membuat objek musuh saat menyentuh objek hancur akan hancur otomatis jadi tidak memperberat game kalian.


Jika sudah kalian klik insert, lalu kalian klik 1 kali pada lembar kerja, maka akan muncul menu baru, seperti gambar dibawah ini:
klik insert
menu desain


Kalian desain objek hancur, kalau saya hanya memberinya warna, ubahlah ukurannya menjadi 32x32, seperti gambar dibawah ini:
desain objek hancur
ubah ukuran objek hancur


Jika sudah kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain


Kalian aturlah posisi objek hancur yaitu diluar layout tetapi harus diatas objek pijakan agar dapat disentuh oleh musuh, seperti gambar dibawah ini:
belum diubah posisinya
setelah diubah posisinya
Untuk objek pijakan bisa kalian lebarkan sedikit keluar layout!!


Kalian klik pada objek musuh dan tambahkan behaviornya, seperti gambar dibawah ini:
memulai menambahkan behavior


Klik tanda [+] tambah untuk menambahkan behavior, seperti gambar dibawah ini:
memulai menambahkan


Kalian cari dan pilihlah behavior platform jika sudah ketemua kalian klik add untuk menambahkan, seperti gambar dibawah ini:
memilih behavior


Behavior sudah ditambahkan, kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
behavior sudah ditambahkan


Untuk settingan behavior platform pada bagian default control kalian ubah menjadi No, seperti gambar dibawah ini:
mengubah pengaturan behavior
diganti menjadi no agar musuh tidak ikut kita gerakkan saat kita menggerakkan player.


Kalian masuklah ke event sheet, seperti gambar dibawah ini:
masuk event sheet


Kalian klik lah add event untuk memebuat event baru, seperti gambar dibawah ini:
memulai buat event


Kalian pilihlah system jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih system


Kalian cari dan pilihlah event system yaitu every tick jika sudah klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
memilih kondisi event
Every tick ialah selalu, setiap saat.


Kalian buatlah action baru pada bagian event every tick, seperti gambar dibawah ini:
buat action


Kalian pilihlah objek musuh, jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek


Kalian carilah dan pilih event platform yaitu simulate control jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
menentukkan action



Pada bagian control kalian pilihlah left agar player bergerak ke arah kiri jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai buat action



Kalian buatlah event baru dan pilih objek hancur jika sudah klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
memilih objek



Pada bagian collision kalian pilihlah on collision with another objek, jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
menentukan kondisi



Pada bagian object, kalian pilihlah objek hancur jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai buat event



Pada event yang baru kita buat, kalian tambahkanlah actionnya pilih objek musuh jika sudah klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
memilih objek



Pada bagian misc kalian pilihlah destroy jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
membuat system event

menambahkan action

Destroy ialah objek akan hancur tanpa tersisa, ini membuat game tidak berat sebab objek akan hancur dan tidak akan menumpuk.


Kalian kembali ke layout, saat projek di test maka player akan otomatis bergerak ke arah kiri, seperti gambar dibawah ini:
test 1

test 1

Objek musuh saat menyentuh objek player tidak mati karena kita belum menambahkan system nyawa pada objek player.


jika kalian ingin objek musuh berada dibelakang player dan tidak menutupi player kalian ikuti langkah selanjutnya !!

kembali ke lembar kerja, kalian klik kanan pada objek musuh, seperti gambar dibawah ini:
mengatur objek



Akan ada banyak pilihan, kalian pilihlah z order maka aka nada pilihan lagi, kalian pilihlah edit z order, seperti gambar dibawah ini:
mengubah z order objek


Kalian pindahkan posisi objek musuh berada diatas objek atau berada dibawah objek yang diinginkan, seperti gambar dibawah ini:
sebelum diubah

setelah diubah



Jika sudah kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai diatur



Dan yang terakhir kalian test deh, maka objek musuh akan berada dibawah objek player, seperti gambar dibawah ini:
test 2
test 2


Selesai deh pembuatan musuhnya, untuk tutorial selanjutnya yaitu "Cara Membuat Animasi Musuh [Berjalan, Dan Mati] Di Construct 2".

Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Part 6 Cara Membuat Musuh Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2