Part 5 Cara Membuat Jebakan Di Construct 2 [Penjelasan Detail]
Assalamuallaikum.wr.wb
Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat jebakan untuk player, jebakan yang akan saya buat yaitu jebakan yang akan muncul jika player menyentuh atau melewati objek tertentu maka jebakan akan muncul, untuk tutorial sebelumnya kalian bisa lihat dibawah ini.
- "Cara membuat pijakan di Construct 2"
Buka projek yang sebelumnya, kalian buatlah objek baru yaitu sprite, lalu kalian berilah nama objek tersebut jebakan, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru |
Jika sudah kalian klik insert untuk selesai, setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja, maka akan muncul menu baru, seperti gambar dibawah ini:
klik insert untuk selesai |
menu desain objek |
Desain objek jebakan sesuai keinginan kalian, kalian bisa mengimport gambar jebakan tetapi disini saya mendesain jebakan dengan tools yang ada di construct 2, seperti gambar dibawah ini:
membuat desain jebakan |
Jika sudah selesai kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, maka akan ada objek baru dilembar kerja kalian, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain jebakan |
muncul objek jebakan dilembar kerja |
Kalian atur posisinya, kalian taruh objek jebakan jangan sampai melewati objek pijakan, seperti gambar dibawah ini:
mengatur posisi jebakan |
Kalian buatlah objek baru lagi yaitu sprite, dan kalian berilah nama pemicu, objek ini fungsinya untuk memicu objek jebakan agar muncul jika kalian menyentuh pemincunya, seperti gambar dibawah ini:
membuat objek baru yaitu pemicu |
Jika sudah kalian klik insert, lalu kalian klik 1 kali pada lembar kerja, maka akan muncul menu baru, seperti gambar dibawah ini:
klik insert untuk selesai |
menu desain objek |
Kalian desain objek pemicunya, kalau saya hanya memberinya warna, ubahlah ukurannya menjadi 32x32, seperti gambar dibawah ini:
mengubah ukuran objek |
setelah objek diubah ukurannya |
Jika sudah kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
desain objek selesai |
Kalian aturlah posisi objek pemicu yaitu sebelum objek jebakan atau disamping objek jebakan tetapi harus diatas objek pijakan agar dapat disentuh oleh player, seperti gambar dibawah ini:
sebelum diatur posisi objek |
setelah diatur posisi objek |
Kalian masuklah ke event sheet, karena disini kita akan membuat system jebakannya, seperti gambar dibawah ini:
masuk kevent sheet |
Group untuk eventnya, caranya kalian klik kanan di event sheet, kalian pilihlah add group, seperti gambar dibawah ini:
membuat group untuk control player - 1 |
Kalian beri nama control player, centang pada bagian active on start, jika sudah klik ok, seperti gambar dibawah ini:
membuat group untuk control player - 2 |
Dicentangnya active on start agar event yang ada dalam group tersebut berjalan saat projek kalian dijalankan, kalau tidak dicentang maka event yang ada dalam group tersebut tidak berjalan, dan kalian harus mengaktifkannya secara manual dengan menambahkan event lagi!!
Kalian pindahkan event group ke bagian paling atas, dan tarik event yang mau dimasukkan digroup ke dalam group tesebut, seperti gambar dibawah ini:
membuat group untuk control player - 3 |
Kita kembali ke layout terlebih dahulu, dan kita coba posisikan jebakan diatas pijakan, seperti gambar dibawah ini:
kembali ke layout |
Kalian lihat pada bagian properties objek jebakan pada bagian posisi yaitu 655, 478 kalian hafalkan yang bagian 478 atau posisi Y pada objek, seperti gambar dibawah ini:
posisi Y pada objek |
Kalian tekan ctrl+z (undo) untuk mengembalikan posisi objek jebakan yang kita ubah posisinya ke tempat semula jika sudah kembali seperti semula kalian kembali ke dalam event sheet, seperti gambar dibawah ini:
kembalikan posisi objek seperti semula |
Kalian buatlah event baru, dengan cara klik add event, seperti gambar dibawah ini:
masuk event sheet buat event baru |
Kalian pilihlah objek player, dan klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player |
Pada bagian collision, kalian pilih “set collision with another object” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih system event player |
Pada bagian object kalian pilihlah objek pemicunya, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gamabr dibawah ini:
memilih objek pemicu |
Kalian buatlah actionnya, dengan cara klik add action disamping event yang kita buat tadi, seperti gambar dibawah ini:
buat action baru |
Kalian pilihlah objek yaitu jebakan jika sudah klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek jebakan |
Pada bagian size & positon kalian pilih set Y, yang artinya kita akan menentukan posisi Y pada objek tersebut yaitu posisi vertikalnya berapa, jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih event system jebakan |
Pada bagian Y kalian isi yaitu posisi Y pada objek jebakan yang berada diatas objek pijakan seperti yang telah saya kasih tau diatas, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
memasukkan posisi Y |
Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
test play - 1 |
test play - 2 |
Kalian kembali ke layout, dan kalian klik objek yaitu objek pemicu, jika sudah kalian klik, pada bagian properties objek pijakan yang paling bawah, pada bagian initial visibility kalian ubahlah menjadi invisible atau tidak terlihat, seperti gambar dibawah ini:
mengatur properties objek pemicu |
Untuk objek jebakan kalian kliklah objek jebakan, lalu kalian klik kanan pada objek jebakan tersebut seperti gambar dibawah ini:
mengatur objek jebakan -1 |
Kalian pilih z order, setelah itu kalian pilih “send to bottom off layer”, seperti gambar dibawah ini:
mengatur objek jebakan - 2 |
Maka otomatis objek jebakan akan berada dibelakang layer, seperti gambar dibawah ini:
selesai mengatur objek jebakan |
Saat projek dijalankan maka objek pemicu tidak akan terlihat, dan objek jebakan tidak akan terlihat kalau objek jebakan berada didalam objek pijakan karena tertutup objek jebakan, seperti gambar dibawah ini:
test play kembali - 1 |
test play kembali - 2 |
Selesai deh pembuatan jebakannya, agar player dapat mati atau darah nya mengurang nanti akan saya buat di tutorial selanjutnya.
Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.
0 Response to "Part 5 Cara Membuat Jebakan Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"
Post a Comment
Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam