Part 5 Cara Membuat Jebakan Di Construct 2 [Penjelasan Detail]


Assalamuallaikum.wr.wb
   Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat jebakan untuk player, jebakan yang akan saya buat yaitu jebakan yang akan muncul jika player menyentuh atau melewati objek tertentu maka jebakan akan muncul, untuk tutorial sebelumnya kalian bisa lihat dibawah ini.


- "Cara membuat pijakan di Construct 2"

Buka projek yang sebelumnya, kalian buatlah objek baru yaitu sprite, lalu kalian berilah nama objek tersebut jebakan, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru


 Jika sudah kalian klik insert untuk selesai, setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja, maka akan muncul menu baru, seperti gambar dibawah ini:
klik insert untuk selesai
menu desain objek


Desain objek jebakan sesuai keinginan kalian, kalian bisa mengimport gambar jebakan tetapi disini saya mendesain jebakan dengan tools yang ada di construct 2, seperti gambar dibawah ini:
membuat desain jebakan
Jangan lupa kalian atur image point, dan set collision polygonnya!!


Jika sudah selesai kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, maka akan ada objek baru dilembar kerja kalian, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain jebakan
muncul objek jebakan dilembar kerja


Kalian atur posisinya, kalian taruh objek jebakan jangan sampai melewati objek pijakan, seperti gambar dibawah ini:
mengatur posisi jebakan


Kalian buatlah objek baru lagi yaitu sprite, dan kalian berilah nama pemicu, objek ini fungsinya untuk memicu objek jebakan agar muncul jika kalian menyentuh pemincunya, seperti gambar dibawah ini:
membuat objek baru yaitu pemicu


Jika sudah kalian klik insert, lalu kalian klik 1 kali pada lembar kerja, maka akan muncul menu baru, seperti gambar dibawah ini:
klik insert untuk selesai
menu desain objek


Kalian desain objek pemicunya, kalau saya hanya memberinya warna, ubahlah ukurannya menjadi 32x32, seperti gambar dibawah ini:
mengubah ukuran objek
setelah objek diubah ukurannya


Jika sudah kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
desain objek selesai


Kalian aturlah posisi objek pemicu yaitu sebelum objek jebakan atau disamping objek jebakan tetapi harus diatas objek pijakan agar dapat disentuh oleh player, seperti gambar dibawah ini:
sebelum diatur posisi objek
setelah diatur posisi objek


Kalian masuklah ke event sheet, karena disini kita akan membuat system jebakannya, seperti gambar dibawah ini:
masuk kevent sheet


Group untuk eventnya, caranya kalian klik kanan di event sheet, kalian pilihlah add group, seperti gambar dibawah ini:
membuat group untuk control player - 1


Kalian beri nama control player, centang pada bagian active on start, jika sudah klik ok, seperti gambar dibawah ini:
membuat group untuk control player - 2
Kalian bisa menambahkan deskripsi bebas terserah kalian!!
Dicentangnya active on start agar event yang ada dalam group tersebut berjalan saat projek kalian dijalankan, kalau tidak dicentang maka event yang ada dalam group tersebut tidak berjalan, dan kalian harus mengaktifkannya secara manual dengan menambahkan event lagi!!


Kalian pindahkan event group ke bagian paling atas, dan tarik event yang mau dimasukkan digroup ke dalam group tesebut, seperti gambar dibawah ini:
membuat group untuk control player - 3
Untuk event control player bisa kalian lihat postingan sebelumnya!!


Kita kembali ke layout terlebih dahulu, dan kita coba posisikan jebakan diatas pijakan, seperti gambar dibawah ini:
kembali ke layout
Perlu diingat hanya posisi atas yang kita geser posisi samping jangan sampai berubah posisinya!!


Kalian lihat pada bagian properties objek jebakan pada bagian posisi yaitu 655, 478 kalian hafalkan yang bagian 478 atau posisi Y pada objek, seperti gambar dibawah ini:
posisi Y pada objek


Kalian tekan ctrl+z (undo) untuk mengembalikan posisi objek jebakan yang kita ubah posisinya ke tempat semula jika sudah kembali seperti semula kalian kembali ke dalam event sheet, seperti gambar dibawah ini:
kembalikan posisi objek seperti semula


Kalian buatlah event baru, dengan cara klik add event, seperti gambar dibawah ini:
masuk event sheet buat event baru


Kalian pilihlah objek player, dan klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player


Pada bagian collision, kalian pilih “set collision with another object” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih system event player
Maksud dari set collision with another object ialah kita mensetting jika objek player meyentuh dengan objek manapun yang kita tentukan nantinya maka…


Pada bagian object kalian pilihlah objek pemicunya, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gamabr dibawah ini:
memilih objek pemicu


Kalian buatlah actionnya, dengan cara klik add action disamping event yang kita buat tadi, seperti gambar dibawah ini:
buat action baru


Kalian pilihlah objek yaitu jebakan jika sudah klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek jebakan


Pada bagian size & positon kalian pilih set Y, yang artinya kita akan menentukan posisi Y pada objek tersebut yaitu posisi vertikalnya berapa, jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih event system jebakan


Pada bagian Y kalian isi yaitu posisi Y pada objek jebakan yang berada diatas objek pijakan seperti yang telah saya kasih tau diatas, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
memasukkan posisi Y


Maka akan terlihat seperti  gambar dibawah ini:
test play - 1
test play - 2
Agar pemicu tidak terlihat dan jebakan tidak terlihat saat berada didalam pijakan, ikuti langkah selanjutnya!!


Kalian kembali ke layout, dan kalian klik objek yaitu objek pemicu, jika sudah kalian klik, pada bagian properties objek pijakan yang paling bawah, pada bagian initial visibility kalian ubahlah menjadi invisible atau tidak terlihat, seperti gambar dibawah ini:
mengatur properties objek pemicu


Untuk objek jebakan kalian kliklah objek jebakan, lalu kalian klik kanan pada objek jebakan tersebut seperti gambar dibawah ini:
mengatur objek jebakan -1


Kalian pilih z order, setelah itu kalian pilih “send to bottom off layer”, seperti gambar dibawah ini:
mengatur objek jebakan - 2
Maksud dari “send to bottom off layer” ialah objek jebakan tersebut akan dikirim ke belakang objek yang awalnya berada dibelakang objek jebakan tersebut yang berada dalam layer yang sama.


Maka otomatis objek jebakan akan berada dibelakang layer, seperti gambar dibawah ini:
selesai mengatur objek jebakan


Saat projek dijalankan maka objek pemicu tidak akan terlihat, dan objek jebakan tidak akan terlihat kalau objek jebakan berada didalam objek pijakan karena tertutup objek jebakan, seperti gambar dibawah ini:
test play kembali - 1
test play kembali - 2


Selesai deh pembuatan jebakannya, agar player dapat mati atau darah nya mengurang nanti akan saya buat di tutorial selanjutnya.

Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Part 5 Cara Membuat Jebakan Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2