Part 3 Cara Membuat Player 2D Bergerak Di Construct 2 [Penjelasan Detail]



Assalamuallaikum.wr.wb.
   Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat player 2d bergerak maju, mundur dan melompat, untuk tutorial sebelumnya kalian bisa lihat dibawah ini.


Buka projek yang sebelumnya, kalian klik lah pada object player,maka akan ada menu properties, seperti gambar dibawah ini:
atur objek player


Kalian kliklah pada menu behavior maka akan muncul menu baru seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior 1


Kalian kliklah tanda tambah untuk menambahkan behavior, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior 2


Akan ada menu baru lagi, kalian carilah behavior platform, jika sudah ketemu pilihlah dan klik add untuk menambahkan behavior platform pada objek player, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior 3


Maka aka nada behavior platform lalu kalian kliklah tanda silang untuk selesai, seperti pada gambar dibawah ini:
selesai menambahkan behavior


Jika sudah ditambahkan maka akan ada properties behavior platform disebelah kiri seperti gambar berikut ini:
behavior properties
Kalian bisa atur sendiri behavior tersebut.

Untuk objek pijakan yang ada pada construct 2 saya tidak akan menjelaskan cara membuat dipostingan ini, akan saya jelaskan dipostingan lainnya.

Disini kalian sudah bisa menggerakkan player kalian dengan menekan panah kiri, kanan dan atas, tetapi lebih baik menggunakan plugin.


Kalian buatlah objek baru dan pilih objek keyboard lalu klik insert untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan objek keyboard


Kalian masuklah ke event sheet, disini kita akan membuat systemnya, jadi jika kita klik panah player akan bergerak dan menjalankan animasi, seperti gambar dibawah ini:
menuju event sheet


Kalian kliklah add event, seperti gambar dibawah ini:
membuat event


Pada pilihan objek, kalian pilihlah objek keyboard lalu klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih objek keyboard


Kalian pilihlah on key pressed artinya jika kita mengklik tombol, jika sudah klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih event dalam keyboard


Pada bagian click to choose kalian klik lah, dan kalian tekan tombol pada keyboard yaitu panah kiri, jika sudah klik, kalian klik lagi done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
memasukkan tombol yang dipakai 1
memasukkan tombol yang dipakai 2
selesai memasukkan tombol yang dipakai


Kalian buat actionnya, seperti gambar dibawah ini:
membuat action


Kalian pilihlah objek player jika sudah klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih objek player


Kalian cari simulate control pada bagian platform, jika sudah ketemu kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
memlilih simulate control


Pada bagian control kalian pilih left yang artinya player akan bergerak ke arah kiri, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
menentukkan control player


Disini kalian sudah bisa menggerakkan player kearah kiri belum kearah kanan dan melompat tapi belum bisa menampilkan animasi player saat berjalan dan melompat

Kalian copy event tadi kita buat dan paste sebanyak 2 kali, seperti gambar dibawah ini:
mengcopy event
mempaste event


Pada event ke 2 kalian ubah event keyboard yang tadinya left menjadi right, dan kalian ubahlah actionya yang tadinya simulate controlnya left menjadi right, seperti gambar dibawah ini:
mengubah event dan action


Pada event ke 3 kalian ubah event keyboard yang tadinya left menjadi up, dan kalian ubahlah actionya yang tadinya simulate controlnya left menjadi jump, seperti gambar dibawah ini:
mengubah event dan action

Event 1 jika kita klik panah kiri pada keyboard player akan bergerak ke arah kiri
Event 1 jika kita klik panah kanan pada keyboard player akan bergerak ke arah kanan
Event 1 jika kita klik panah atas pada keyboard player akan melompat


Pada event 1 kalian buat action baru, kalian pilihlah objek player lalu klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih objek player


Pada action kalian pilihlah set mirrored, jika sudah klik next , seperti gambar dibawah ini:
memilih system mirrored


Pada bagian state kalian pilihlah mirrored, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
system mirrored pilih mirrored


Kalian copy dan pastelah action mirrored ke event 2 dan ubah statenya menjadi not mirrored, seperti gambar dibawah ini:
copy paste action dan ubah mirrored jadi not mirrored
Karena gambar player saya awalnya menghadap kekanan maka pada event 1 saya kasih mirrored dan pada event 2 saya kasih not mirrored, yang artinya jika saya klik kiri pada keyboard gambar player saya akan berbalik arah ke arah berlawanan atau ke arah kiri, sedangkan saya klik kanan pada keyboard gambar player saya akan kembali seperti awal yaitu ke arah kanan.


Sekarang kita ke tahap animasi…

Kalian buatlah event baru dan pilih objek player jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih objek player


Pada add event bagian platform kalian pilhlah “is moving” jika sudah klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih system is moving


Pada event 4 kalian buatlah action baru dan pilih objek yaitu player, jika sudah kalian klik next seperti gambar dibawah ini:
memilih objek player


Pada action bagian animasi kalian pilihlah set animation, lalu kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
system animation


Pada bagian animation kalian pilihlah animasi jalan, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
memasukkan animasi yang akan dijalankan


Kalian copy dan paste event 4 sebanyak dua kali, seperti gambar dibawah ini:
copy paste event


Pada event ke 5 kalian ubah eventnya, kalian klik kanan lalu pilih invert, seperti gambar dibawah ini:
invert event


Masih pada event ke 5 kalian klik kanan pada event ke 5, kalian pilih add another condition untuk membuat event lagi, seperti gambar dibawah ini:
add another condition


Kalian pilih objek player, jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih objek player

Kalian cari dan pilihlah is on floor, jika sudah klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
system is on floor 

Pada bagian action event 5 kalian ubah animation jalan menjadi diam, seperti gambar dibawah ini:
mengubah action animasi

Pada event ke 6 kalian ubah eventnya yang tadinya “is moving” menjadi “is on floor”, seperti gambar dibawah ini:
mengubah event



Pada event ke 6 kalian ubah eventnya, kalian klik kanan lalu pilih invert, seperti gambar dibawah ini:
invert event


Masih dievent 6 kalian klik kanan pada event ke 6, kalian pilih add another condition untuk membuat event lagi, seperti gambar dibawah ini:
add another condition


Kalian pilih objek player, jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
memilih objek player


Kalian cari dan pilihlah is jumping, jika sudah klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
system is jumping


Pada bagian action event 6 kalian ubah animation jalan menjadi lompat, seperti gambar dibawah ini:
mengubah action animasi

kalian tinggal mencobanya, dibawah ini gambar saat saya memplaynya.
saat pertama kali diplay
saat player sedang melompat
saat player sedang berjalan

selesai deh.

tutorial selanjutnya akan saya buat dipostingan berikutnya yaitu "cara membuat pijakan di construct 2".

Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Part 3 Cara Membuat Player 2D Bergerak Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2