Cara Membuat Musuh Melompat Di Construct 2 [Penjelasan Detail]
Assalamuallaikum.wr.wb
Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat musuh melompat jadi musuh akan melompat disaat yang telah kita tentukkan, langsung saja kita mulai tutorialnya.
jika kalian ingin versi video bisa tonton video yang telah saya buat postingan dibawah ini : https://amirduabelas.blogspot.com/2019/04/construct-2-tutorial.html
Kalian buatlah objek baru yaitu sprite, dan kalian berilah nama musuh, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru |
Jika sudah kalian klik insert setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
klik insert untuk selesai |
Maka akan muncul menu desain objek, disini saya hanya membuat objek musuh berbentuk kotak, seperti gambar dibawah ini:
desain objek |
Kalian ubahlah ukuran objek musuh menjadi 32x32 agar meringankan projek kalian, seperti gambar dibawah ini:
sebelum diubah ukurannya |
sesudah diubah ukurannya |
Jika sudah kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain |
Kalian tambahkan behavior pada objek musuh tersebut, seperti gambar dibawah ini:
memulai menambahkan behavior |
Kalian klik tanda [+] tambah untuk menambahkan behavior, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior |
Kalian cari dan pilih behavior yaitu “platform” jika sudah ketemu kalian klik add untuk menambahkan behavior tersebut, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior platform |
Kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
klik untuk selesai |
Pada pengaturan behavior platform kalian ubah default control menjadi “NO”, seperti gambar dibawah ini:
ubah default control |
Kalian buatlah objek baru yaitu sprite dan berilah nama “pemicu”, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru |
Jika sudah kalian klik insert, setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
klik insert untuk selesai |
Maka akan muncul menu desain objek, disini kalian beri warna dan ubah ukurannya menjadi 32x32, seperti gambar dibawah ini:
sebelum diubah ukurannya |
setelah diubah ukurannya |
Kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain |
Kalian ubah posisi objek “musuh” berada disamping sedangkan objek “pemicu” berada ditengah, seperti gambar dibawah ini:
ubah posisi objek |
Kalian masuklah ke event sheet, seperti gambar dibawah ini:
event sheet |
Kalian buatlah global variable dengan cara klik kanan pada event sheet, lalu kalian pilihlah add global variable, seperti gambar dibawah ini:
buat global variable |
Maka akan muncul menu kalian berilah nama “pergerakkanmusuh” sedangkan yang lainnya kalian biarkan saja, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
memberi nama dan value global variable |
Kalian buatlah event yaitu dengan cara klik add event, seperti gambar dibawah ini:
buat event baru |
Kalian pilihlah “system” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih system |
Pada bagian global&local variables kalian pilih “compare variable” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih compare variable |
Pada bagian variable kalian pilihlah “pergerakkanmusuh”, dan pada value kalian biarkan “0”, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih pergerakkanmusuh dan nilai 0 |
Kalian buatlah action pada event yang baru saja kalian buat, dengan cara klik add action disamping event, seperti gambar dibawah ini:
buat action |
Kalian pilihlah objek “musuh” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek musuh |
Pada bagian platform kalian pilihlah “simulate control” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih simulate control |
Pada control saya memilih “left” karena objek musuh yang saya atur posisinya berada disebelah kanan, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih control left |
Kalian copy event “system pergerakkanmusuh = 0” beserta actionnya dengan cara klik kanan pada event lalu kalian pilih copy, dan pastekan, seperti gambar dibawah ini:
copy |
paste |
Pada event yang baru saja kalian paste, kalian ubah dengan cara klik kanan pada event lalu kalian pilih edit, seperti gambar dibawah ini:
edit event |
Kalian ubahlah value atau nilainya menjadi “1”, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah value |
Pada event “system pergerakkanmusuh = 1” kalian ubah actionya dengan cara klik kanan pada action lalu kalian pilih edit, seperti gambar dibawah ini:
edit action |
Pada control kalian ubah menjadi “jump” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah control menjadi jump |
Tetapi musuh baru hanya bisa bergerak ke kiri dan belum bisa melompat, kita lanjut ke langkah selanjutnya!!
Kalian buatlah event baru, kalian pilihlah objek “musuh” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek musuh |
Pada bagian “collision” kalian pilih “is overlapping another object” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih is overlapping another objek |
Pada object kalian pilihlah objek “pemicu” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek pemicu |
Pada event yang baru kalian buat tambahkanlah action, kalian pilih “system” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih system |
Pada bagian “local & global variable” kalian pilihlah “set value” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih set value |
Pada variable kalian pilih “pergerakkanmusuh” dan pada value kalian isi angka “1” yaitu musuh melompat, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah nilai atau value |
Kalian copy event “musuh is overlapping pemicu” dan actionnya “system set pergerakkanmusuh to 1” dengan cara klik kanan pada event lalu kalian pilih copy dan pastekan event tersebut, seperti gambar dibawah ini:
copy |
paste |
Kalian edit pada event yang baru saya kita paste, kalian klik kanan lalu pilih invert, seperti gambar dibawah ini:
edit event |
Kalian edit pada event yang baru kalian paste, klik kanan pada event lalu kalian pilih edit, seperti gambar dibawah ini:
edit action |
Pada value kalian isi angka “0” yaitu musuh bergerak kekiri, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah value atau nilai |
Maka saat projek ditest akan seperti gambar dibawah ini:
test - 1 |
test - 2 |
test - 3 |
Selesai deh membuat musuh melompat…
Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.
0 Response to "Cara Membuat Musuh Melompat Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"
Post a Comment
Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam