Cara Membuat Musuh Melompat Di Construct 2 [Penjelasan Detail]


Assalamuallaikum.wr.wb
 Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat musuh melompat jadi musuh akan melompat disaat yang telah kita tentukkan, langsung saja kita mulai tutorialnya.


jika kalian ingin versi video bisa tonton video yang telah saya buat postingan dibawah ini : https://amirduabelas.blogspot.com/2019/04/construct-2-tutorial.html


Kalian buatlah objek baru yaitu sprite, dan kalian berilah nama musuh, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru


Jika sudah kalian klik insert setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
klik insert untuk selesai



Maka akan muncul menu desain objek, disini saya hanya membuat objek musuh berbentuk kotak, seperti gambar dibawah ini:
desain objek



Kalian ubahlah ukuran objek musuh menjadi 32x32 agar meringankan projek kalian, seperti gambar dibawah ini:
sebelum diubah ukurannya

sesudah diubah ukurannya



Jika sudah kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain



Kalian tambahkan behavior pada objek musuh tersebut, seperti gambar dibawah ini:
memulai menambahkan behavior



Kalian klik tanda [+] tambah untuk menambahkan behavior, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior



Kalian cari dan pilih behavior yaitu “platform” jika sudah ketemu kalian klik add untuk  menambahkan behavior tersebut, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan behavior platform



Kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
klik untuk selesai



Pada pengaturan behavior platform kalian ubah default control menjadi “NO”, seperti gambar dibawah ini:
ubah default control



Kalian buatlah objek baru yaitu sprite dan berilah nama “pemicu”, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru


Jika sudah kalian klik insert, setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
klik insert untuk selesai



Maka akan muncul menu desain objek, disini kalian beri warna dan ubah ukurannya menjadi 32x32, seperti gambar dibawah ini:
sebelum diubah ukurannya

setelah diubah ukurannya


Kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain


Kalian ubah posisi objek “musuh” berada disamping sedangkan objek “pemicu” berada ditengah, seperti gambar dibawah ini:
ubah posisi objek


Kalian masuklah ke event sheet, seperti gambar dibawah ini:
event sheet


Kalian buatlah global variable dengan cara klik kanan pada event sheet, lalu kalian pilihlah add global variable, seperti gambar dibawah ini:
buat global variable


Maka akan muncul menu kalian berilah nama “pergerakkanmusuh” sedangkan yang lainnya kalian biarkan saja, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
memberi nama dan value global variable


Kalian buatlah event yaitu dengan cara klik add event, seperti gambar dibawah ini:
buat event baru


Kalian pilihlah “system” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih system


Pada bagian global&local variables kalian pilih “compare variable” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih compare variable


Pada bagian variable kalian pilihlah “pergerakkanmusuh”, dan pada value kalian biarkan “0”, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih pergerakkanmusuh dan nilai 0


Kalian buatlah action pada event yang baru saja kalian buat, dengan cara klik add action disamping event, seperti gambar dibawah ini:
buat action

Kalian pilihlah objek “musuh” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek musuh


Pada bagian platform kalian pilihlah “simulate control” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih simulate control


Pada control saya memilih “left” karena objek musuh yang saya atur posisinya berada disebelah kanan, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih control left


Kalian copy event “system pergerakkanmusuh = 0” beserta actionnya dengan cara klik kanan pada event lalu kalian pilih copy, dan pastekan, seperti gambar dibawah ini:
copy
paste


Pada event yang baru saja kalian paste, kalian ubah dengan cara klik kanan pada event lalu kalian pilih edit, seperti gambar dibawah ini:
edit event


Kalian ubahlah value atau nilainya menjadi “1”, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah value


Pada event “system pergerakkanmusuh = 1” kalian ubah actionya dengan cara klik kanan pada action lalu kalian pilih edit, seperti gambar dibawah ini:
edit action


Pada control kalian ubah menjadi “jump” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah control menjadi jump
Arti dari kedua event yang kita buat adalah jika variable bernilai “0” maka musuh akan bergerak ke kiri, sedangkan jika variable bernilai “1” maka musuh akan melompat.

Tetapi musuh baru hanya bisa bergerak ke kiri dan belum bisa melompat, kita lanjut ke langkah selanjutnya!!


Kalian buatlah event baru, kalian pilihlah objek “musuh” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek musuh


Pada bagian “collision” kalian pilih “is overlapping another object” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih is overlapping another objek


Pada object kalian pilihlah objek “pemicu” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek pemicu


Pada event yang baru kalian buat tambahkanlah action, kalian pilih “system” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih system


Pada bagian “local & global variable” kalian pilihlah “set value” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih set value


Pada variable kalian pilih “pergerakkanmusuh” dan pada value kalian isi angka “1” yaitu musuh melompat, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah nilai atau value
Arti dari event dan action diatas ialah jika objek “musuh” menyentuh objek “pemicu” maka system akan menset global variable “pergerakkanmusuh” menjadi “1” yaitu musuh akan melompat.


Kalian copy event “musuh is overlapping pemicu” dan actionnya “system set pergerakkanmusuh to 1” dengan cara klik kanan pada event lalu kalian pilih copy dan pastekan event tersebut, seperti gambar dibawah ini:
copy
paste


Kalian edit pada event yang baru saya kita paste, kalian klik kanan lalu pilih invert, seperti gambar dibawah ini:
edit event


Kalian edit pada event yang baru kalian paste, klik kanan pada event lalu kalian pilih edit, seperti gambar dibawah ini:
edit action


Pada value kalian isi angka “0” yaitu musuh bergerak kekiri, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah value atau nilai
Arti dari event dan action diatas ialah jika objek “musuh” tidak menyentuh objek “pemicu” maka system akan menset global variable “pergerakkanmusuh” menjadi “0” yaitu musuh akan bergerak kekiri.


Maka saat projek ditest akan seperti gambar dibawah ini:
test - 1
test - 2
test - 3

Selesai deh membuat musuh melompat…

Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Musuh Melompat Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2