Cara Membuat Text Darah Player Di Construct 2 [Penjelasan Detail]
Assalamuallaikum.wr.wb
Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat text darah player, yang dimana nantinya player akan mempunyai nyawa yang akan ditampilkan dalam text.
jika kalian ingin versi video bisa tonton video yang telah saya buat postingan dibawah ini : https://amirduabelas.blogspot.com/2019/04/construct-2-tutorial.html
Buka projek kalian, kalian buatlah dahulu objek pijakan, player, dan jebakan (saya tidak akan menjelaskannya), seperti gambar dibawah ini:
projek |
Kalian pindahlah ke tab layer dengan cara klik tab layer, seperti gambar dibawah ini:
pindah ke tab layer |
Kalian kliklah tanda [+] tambah untuk menambahkan atau membuat layer baru, maka aka nada layer baru, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan layer |
layer sudah bertambah |
Kalian bias mengubah nama layer kalian, seperti gambar dibawah ini:
mengubah nama layer |
Kalian klik pada layer 1\layer hud(karena namanya sudah saya ganti), kalian ubah pada properties bagian parallax menjadi 0,0, seperti gambar dibawah ini:
atur parallax |
Tujuan diubahnya parallax agar objek yang berada didalam layer parallax tidak berpindah dan bergerak!!
Usahakan pada bagian transparent pada layer 1 menjadi “yes”!!
Masih pada layer hud, kalian buatlah objek baru yaitu “text” kalian berilah nama “textdarah”, seperti gambar dibawah ini:
buat objek baru |
Kalian klik insert, setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja, maka objek text sudah dibuat, seperti gambar dibawah ini:
klik insert |
objek text sudah dibuat |
Kalian atur dahulu posisi dan properties objek “textdarah” , seperti gambar dibawah ini:
mengatur posisi dan properties objek text |
Kalian klik pada objek player jika sudah kalian klik pada instance variable, seperti gambar dibawah ini:
memulai menambahkan instance variable |
Disini kalian akan membuat variable local untuk player!!
Kalian klik tanda [+]untuk menambahkan atau membuat instance variable, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan instance variable |
Kalian isi nama “darah”, type “number”, initial value “100”, jika sudah kalian klik ok untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
mengatur instance variable |
Untuk nama bisa kalian ubah sesuai dengan yang kalian inginkan!!
Pada type kita pilih number karena kita akan menampilkan angka bukan text!!
Initial value saya isi “100” ini sebagai darah player dan biasanya player memiliki darah “100”, untuk initial value bisa kalian ganti sesuai keinginan!!
Maka akan ada instance variable yang telah dibuat, kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai membuat instance variable |
Kalian masuklah ke event sheet, seperti gambar dibawah ini:
pindah ke tab event sheet |
Kalian buatlah event baru dengan cara klik add event, seperti gambar dibawah ini:
buat event baru |
Kalian pilih “system” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih system |
Pada general kalian pilihlah “every tick” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih every tick |
Kalian buatlah action pada event yang baru saja kalian buat, dengan cara klik add action, seperti gambar dibawah ini:
buat action |
Kalian pilihlah objek “textdarah” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek textdarah |
Pada bagian text kalian pilihlah “set text” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih set text |
Kalian pilihlah objek “player” , seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player |
Pada bagian instance variable kalian pilih “darah” kalian klik 2 kali, seperti gambar dibawah ini:
pilih darah |
Maka akan terisi pada text, seperti gambar dibawah ini:
seperti ini |
Jika kalian ingin menambahkan text sebelum nilai instance variable, kalian bisa ketikkan (“Darah :”&), jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
menambahkan text |
Kalian bisa ubah text (“Darah :”) menjadi yang kalian inginkan!!
Arti dari event dan action diatas ialah, setiap saat atau setiap waktu objek “textdarah akan menampilkan nilai pada instance variable darah.
Kalian buatlah event baru, kalian pilihlah objek “player”, jika sudah kalian klik done untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player |
Pada bagian collision kalian pilih “on collision with another object” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih on collision with another objek |
Pada object kalian pilihlah objek “jebakan”, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek jebakan |
Pada event yang baru kita buat kalian buatlah actionnya, kalian pilih objek “player”, jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player |
Pada bagian instance variable kalian pilihlah “subtract from”, jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih subtract from |
Pada instance variable kalian pilih “darah” dan pada value kalian isi “10”, jika sudah kalian klik done untuk selesai seperti gambar dibawah ini:
isi 10 |
Untuk nilai value adalah darah yang akan berkurang nantinya!!
Arti dari event diatas ialah, jika objek “player” dan “jebakan” bersentuhan maka instance variable darah akan berkurang (sesuai dengan nilai value yang kalian masukkan).
Kalian buatlah event baru, kalian pilih objek “player”, jika sudah kalian next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player |
Pada bagian instance variable kalian pilihlah “compare instance variable”, jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih compare instance variable |
Pada instance variable kalian pilih “darah”, pada comparison kalian pilih “= equal to” dan pada value(nilai) kalian isi “0”, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
atur |
Pada event baru kalian buatlah actionnya, kalian pilih objek “player”, jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek player |
Pada bagian misc kalian pilih “destroy”, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih destroy |
Kalian buat action lagi pada event yang tadi, kalian pilih “system”, jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih system |
Pada bagian general kalian pilihlah “restart layout”, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih restart layout |
Arti dari event dan action ini ialah, saat instance variable darah pada player bernilai 0, maka player akan hancur dan game akan memulai ulang atau tereset ulang.
Saya tidak menggunakan action reset global variable karena saya menggunakan instance variable yang jika game direstart maka instace variable akan ikut ke restart atau tereset ulang!!
Saat projek ditest, seperti gambar dibawah ini:
test - awal |
test - nyawa berkurang |
test - projek terestart ulang |
Selesai deh pembuatan text darah player, semoga kalian paham atas apa yang saya jelaskan.
Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.
0 Response to "Cara Membuat Text Darah Player Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"
Post a Comment
Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam