Cara Membuat Musuh Bergerak Kekiri Dan Kekanan Di Construct 2 [Penjelasan Detail]


Assalamuallaikum.wr.wb
   Kali ini amir12 akan memberikan tutorial yaitu cara membuat musuh bergerak kekiri dan kekanan jadi musuh akan bergerak kekiri dan jika musuh menyentuh objek lain musuh akan bergerak kekanan begitu juga sebaliknya, langsung saja kita mulai tutorialnya.


jika kalian ingin versi video bisa tonton video yang telah saya buat postingan dibawah ini : https://amirduabelas.blogspot.com/2019/04/construct-2-tutorial.html

Kalian buatlah objek baru yaitu sprite, dan kalian berilah nama musuh, seperti gambar dibawah ini:
buat objek sprite musuh


Jika sudah kalian klik insert, kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja, seperti gambar dibawah ini:
klik insert


Maka akan muncul menu desain objek, seperti gambar dibawah ini:
menu desain objek


Kalian desain objek sedemikian rupa, dengan menggunakan tools yang telah disediakan., seperti gambar dibawah ini:
warnai objek


Kalian ubah ukuran objek menjadi 32x32, seperti gambar dibawah ini:
ubah ukuran objek
setelah diubah ukurannya
Tujuan diubah ukurannya agar projek kita menjadi ringan dan tidak lambat saat loading.


Jika sudah selesai kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain


Pada bagian common objek “musuh” kalian ubah ukurannya menjadi 64x64, seperti gambar dibawah ini:
ubah ukuran objek
Kalau dilembar kerja kalian boleh ubah ukuran objeknya, sebab objek yang dibesarkan bukan objek aslinya, kalau ukuran objek sudah besar saat dimenu desain objek itu yang akan membuat loading projek menjadi berat.


Kalian tambahkan behavior pada objek “musuh”, klik behavior maka akan muncul menu baru, kalian klik tanda [+] tambah untuk menambahkan, seperti gambar dibawah ini:
klik tanda [+] tambah


Kalian pilihlah behavior platform jika sudah kalian klik add untuk menambahkan, seperti gambar dibawah ini:
memilih behavior platform


Behavior sudah ditambahkan, kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai menambahkan behavior


Pada properties behavior musuh, pada bagian default control kalian ubah menjadi “No”, seperti gambar dibawah ini:
ubah properties behavior


Kalian buatlah objek baru yaitu sprite dan beri nama “bataskirikanan” jika sudah kalian klik insert setelah itu kalian klik kiri 1 kali pada lembar kerja, seperti gambar dibawah ini:
buat objek sprite bataskirikanan


Maka akan muncul menu desain objek, seperti gambar dibawah ini:
menu desain objek


Desain objek dengan menggunakan tools yang telah disediakan, seperti gambar dibawah ini:
warnai objek


Ubah ukuran objek menjadi 32x32, seperti gambar dibawah ini:
ubah ukuran objek
setelah di ubah ukurannya


Jika sudah kalian klik tanda [x] silang untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
selesai desain


Kalian ubahlah ukuran objek yang baru saja kalian buat menjadi 32x32, seperti gambar dibawah ini
ubah ukuran objek
objek bataskirikanan pojok kiri


Kalian copylah pada objek “bataskirikanana” kalian klik kanan lalu pilih copy, seperti gambar dibawah ini:
copy objek


Jika sudah kalian klik kanan pada lembar kerja lalu pilih paste, seperti gambar dibawah ini:
paste objek
objek bataskirikanan pojok kanan
Tujuan diposisikan dipojok kiri dan pojok kanan ialah saat objek “musuh” menyentuh objek dipojok kiri musuh akan bergerak ke arah kanan dan sebaliknya.

Kalian masuklah ke event sheet, seperti gambar dibawah ini:
masuk event sheet


Pada event sheet kalian klik kanan lalu kalian pilih add global variable, seperti gambar dibawah ini:
buat global variable


Pada nama kalian berilah nama “pergerakkanmusuh”, pada type kalian pilih “number” dan pada value kalian beri nilai “0” jika sudah kalian klik ok untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
atur global variable
Nama kalian bisa ubah sesuai keinginan!!
Type number karena kalian akan menggunakan angka pada variable ini!!
Nilai biarkan 0 nilai awal!!


Kalian buatlah event baru dengan cara klik add event, seperti gambar dibawah ini:
buat event baru


Kalian pilih “system” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih system


Pada bagian global & local variable kalian pilihlah “compare variable” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih compare variable


Pada variable kalian pilih “pergerakkanmusuh” dan pada value kalian beri nilai “0” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih pergerakkanmusuh


Kalian buatlah action pada event yang baru saja kalian buat, seperti gambar dibawah ini:
buat action baru


Kalian pilih objek “musuh” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek musuh


Pada bagian platform kalian pilihlah “simulate control” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih simulate control


Pada control kalian pilih “left” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih left


Pada event dan action yang baru dibuat kalian klik kanan setelah itu pilih copy jika sudah kalian paste, seperti gambar dibawah ini:
copy
paste


Pada event yang baru kalian paste, kalian klik kanan jika sudah kalian klik edit, seperti gambar dibawah ini:
edit event


Kalian ubahlah nilai pada value menjadi “1” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah value


Pada action yang baru kalian paste, kalian klik kanan pada action jika sudah kalian klik edit, seperti gambar dibawah ini:
edit action


Pada bagian control kalian ubah menjadi “right” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih right
Fungsi event pertama ialah saat global variable bernilai 0, maka objek musuh akan bergerak ke arah kiri.
Fungsi event kedua ialah saat global variable bernilai 1, maka objek musuh akan bergerak ke arah kanan.


Kalian buatlah event baru, kalian pilih objek “musuh” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek musuh


Pada bagian collision kalian pilihlah “on collision with another object” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih on collision with another object
untuk pilihan action diatas bisa kalian pilih “on collision with another object” ataupun "is overlopping with another object"!!


Pada bagian object kalian pilihlah objek “bataskirikanan” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
pilih objek bataskirikanan


Kalian kembali ke layout, klik pada objek batas yang dipojok kiri, nilai uid objek ialah “2”, seperti gambar dibawah ini:
lihat uid objek bataskirikanan pojok kiri


Lalu kalian klik juga pada objek batas yang dipojok kanan, nilai uid objek ialah “3”, seperti gambar dibawah ini:
lihat uid objek bataskirikanan pojok kanan


Kalian kembali ke event sheet, kalian klik kanan pada event yang baru saja kalian buat, kalian kliklah add another condition, seperti gambar dibawah ini:
buat event baru


Kalian pilih objek “bataskirikanan” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih bataskirikanan


Pada bagian misc kalian pilihlah “pick by unique UID” jika sudah kalian klik next, seperti gambar dibawah ini:
pilih pick by unique uid


Pada unique id kalian isi dengan uid pada objek “bataskirikanan” yang berada dipojok kiri tadi yaitu “2”, seperti gambar dibawah ini:
isi nilai uid jadi 2


Kalian buatlah actionnya, kalian pilih “system” jika sudah kalian klik next untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah ini:
pilih system


Pada global & local variable kalian pilihlah “set value” jika sudah kalian klik next seperti gambar dibawah ini:
set value


Pada variable kalian pilih “pergerakkanmusuh” sedangkan pada value kalian beri nilai “1” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
isi value 1


Pada event “musuh on collision with bataskirikanan”,”bataskirikanan pick instance with UID 2” dan action “system set pergerakkanmusuh to 1”, kalian klik kanan lalu kalian pilih dan klik copy jika sudah kalian paste, seperti gambar dibawah ini:
copy
paste


Pada event dan action yang baru saja kalian paste, pada event “bataskirikanan pick instance UID 2” kalian klik kanan, setelah itu kalian klik edit, seperti gambar dibawah ini:
edit event


Pada unique id kalian ubah nilainya menjadi “3” yaitu UID pada objek “bataskirikanan” yang berada dipojok kanan, jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah uid


Pada action yang baru kalian paste, kalian klik kanan setelah itu kalian klik edit, seperti gambar dibawah ini:
edit action


Pada variable kalian pilih “pergerakkanmusuh” dan pada value kalian ubah nilainya menjadi “0” jika sudah kalian klik done untuk selesai, seperti gambar dibawah ini:
ubah value
Arti dari kedua event ialah:
Event “musuh on collision with bataskirikanan” dan “bataskirikanan pick instance uid 2” yang artinya jika musuh menyentuh bataskirikanan yang uidnya bernilai “2” maka, 
action “system set pergerakkanmusuh to 1” yang artinya nilai global variable akan menjadi 1 yaitu musuh akan bergerak ke kanan.
Event “musuh on collision with bataskirikanan” dan “bataskirikanan pick instance uid 3” yang artinya jika musuh menyentuh bataskirikanan yang uidnya bernilai “3” maka, 
action “system set pergerakkanmusuh to 0” yang artinya nilai global variable akan menjadi 0 yaitu musuh akan bergerak ke kiri.


Saat projek kalian test, seperti gambar dibawah ini:
awal projek dimulai
musuh bergerak kekiri
musuh bergerak kekanan setelah menyentuh objek
musuh bergerak ke kanan
musuh menyentuh objek
musuh bergerak kekiri setelah menyentuh objek

Selesai deh membuat musuh bergerak kekiri dan kekanannya…

Semoga bermanfaat.
Wassalamuallaikum.wr.wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Musuh Bergerak Kekiri Dan Kekanan Di Construct 2 [Penjelasan Detail]"

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang sopan, jangan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2